Tim Tombo Ati (T2A) adalah lembaga yang didirikan dalam Penanganan Mental Spiritual bagi para Pengungsi korban merapi.

Kamis, 18 November 2010

Perawat Dilatih Atasi Depresi Korban Merapi


VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengalokasikan Rp574 juta untuk pelatihan Psyichological First Aids terkait bencana letusan Gunung Merapi. Menurut anggota Komisi IX DPR Nova Riyanti Yusuf, program pelatihan itu dilaksanakan di Yogyakarta itu diikuti perawat dari Rumah Sakit JIwa (RSJ) Magelang, Klaten, Pakem, Solo, dan Semarang.

"Program mulai hari ini, 18 November 2010, melatih 200 perawat," kata Nova dalam keterangan persnya, Kamis 18 November 2010. Nova menuturkan, para perawat itu akan dilatih pendampingan psikologis berdasarkan metodologi ilmiah, terukur, dan terdata. Harapannya, mereka bisa mengantisipasi reaksi stres akut sekaligus mengukur besaran gangguan jiwa akibat bencana alam Merapi.

"Karena dikhawatirkan ada peningkatan prevalensi gangguan jiwa ringan atau sedang selama 12 bulan pasca-bencana," ujar anggota Fraksi Demokrat itu.

Menurut Nova, setelah 200 tenaga terlatih ini memberikan pendampingan jangka pendek dan menengah, pelatihan diperluas untuk tokoh masyarakat relawan bencana. "Idealnya, jangka panjang nanti di kawasan bencana alam sudah ada tenaga-tenaga kesehatan lokal serta tokoh masyarakat berkemampuan PFA, sehingga sudah terantisipasi baik dan terintegrasi dimulai dari fase kedaruratan," katanya.

Nova mengkampanyekan penanganan psikologis pertama sejak masa darurat itu karena berdasar temuannya, penggunaan istilah trauma center justru menimbulkan masalah baru. "Kita tidak boleh hanya fokus tangani trauma, tapi juga masalah lain terkait stres, daya pulih dan coping (kemampuan hadapi masalah)," katanya.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More