Tim Tombo Ati (T2A) adalah lembaga yang didirikan dalam Penanganan Mental Spiritual bagi para Pengungsi korban merapi.

Selasa, 16 November 2010

Tangisan Korban Merapi di Ujung Salat Ied

VIVAnews - Kesedihan mendalam, mengingat kembali kerabat yang meninggal dialami jamaah salat Idul Adha yang juga korban letusan Gunung Merapi. Saat memanjatkan doa di penghujung ibadah, sebagian dari jamaah wanita terlihat meneteskan air mata.

Pantauan VIVAnews.com, sebagian besar jamaah wanita pengungsi korban letusan Gunung Merapi terlihat menangis usai mengikuti salat Idul Adha di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa 16 November 2010.

"Saya tidak kuasa mas. Saya teringat kakak dan adik yang sudah tewas saat letusan Merapi," kata Tentrem (61), salah satu pengungsi dari Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan.

Tentrem terus menitikkan air mata. Menurut dia, meski di tengah suasana bencana alam, semangat berkurban kepada sesama harus tetap dibangkitkan. "Kita sama-sama kehilangan keluarga," kata dia.

Sementara, khotib salat Ied yang juga dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Suswanto, dalam ceramahnya mengingatkan agar para pengungsi tetap bersabar di tengah cobaan berat.

"Letusan Merapi merupakan fenomena alam dan harus menjadi pelajaran bagi kita semua. Terutama untuk menginstropeksi sikap kita terhadap sesama dan terhadap alam," kata Suswanto.

Di ujung ceramah, Suswanto mengajak para jamaah mendoakan para korban letusan merapi yang lebih dulu meninggal dunia. Usai salat, Bupati Sleman Sri Purnomo juga menguatkan mental warganya.

"Idul Adha ini diharap menjadi sebuah momentum untuk membangkitkan semangat dan menguatkan warga Sleman," kata Sri Purnomo.

Saat ini, ada sekitar 14 sapi dan enam ekor kambing yang siap disembelih di Stadion Maguwoharji. Sebanyak 10 hewan diantaranya merupakan sumbangan dari Dompet Dhuafa.

Hingga kemarin petang sekitar pukul 18.00 WIB, data korban tewas akibat letusan Merapi dari Provinsi DIY sebanyak 198 orang. Sedangkan dari Jawa Tengah mencapai 61 orang. Total korban tewas mencapai 259 orang. (hs)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More